Rabu, 07 November 2012

Bab 4 - Bauran Pemasaran


Bauran pemasaran (marketing mix = 4P): kumpulan alat pemasaran taktis terkendali yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkannya di pasar sasaran.

1. Product (produk): kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pasar sasaran.
Terdiri dari : ragam, kualitas, desain, fitur, nama merek, kemasan, layanan
2. Price (harga) : jumlah uang yang harus dibayarkan pelanggan untuk memperoleh produk.
Terdiri dari : daftar harga, diskon, potongan harga, periode pembayaran, persyaratan kredit.
3. Place (tempat) : meliputi kegiatan perusahaan yang membuat produk tersedia bagi pelanggan sasaran.
Terdiri dari: saluran, cakupan, pemilahan, lokasi, persediaan, transportasi, logistik.
4. Promotion (promosi) : aktivitas yang menyampaikan manfaat produk dan membujuk pelanggan untuk membelinya.
Terdiri dari: iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat.

Program pemasaran yang efektif memadukan semua elemen bauran pemasaran ke dalam suatu program pemasaran terintegrasi yang dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan dengan menghantarkan nilai bagi konsumen.

Dalam sudut pandang pembeli, 4P digambarkan sebagai 4C:
1. Customer solution (solusi pelanggan)
2. Customer cost (biaya pelanggan)
3. Convenience (kenyamanan)
4. Communication (komunikasi)

Implementasi pemasaran (marketing implementation)
Yaitu: proses yang mengubah rencana pemasaran menjadi tindakan pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran strategis.
Perencanaan pemasaran memperlihatkan apa dan mengapa kegiatan pemasaran, sedangkan implementasi memperlihatkan siapa, dimana, kapan dan bagaimana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar