Rabu, 07 November 2012

Bab 3 - Perencanaan Strategik


Rencana pemasaran (marketing plan) adalah instrumen sentral untuk mengarahkan dan mengkoordinasikan usaha pemasaran. Beroperasi pada 2 tingkat: strategis dan taktis
Rencana pemasaran strategis (strategic marketing plan) menjelaskan pasar sasaran dan nilai yang akan ditawarkan perusahaan, berdasarkan pada analisis peluang pasar terbaik. 

Rencana pemasaran taktis (tactical marketing plan) menspesifikasikan taktik pemasaran, termasuk fitur produk, promosi, penyediaan barang, penetapan harga, saluran penjualan dan layanannya.

Beberapa korporasi memberi banyak kebebasan pada unit bisnis mereka untuk menetapkan tujuan dan strategi penjualan serta laba mereka sendiri. 

Semua kantor pusat korporat melaksanakan 4 (empat) kegiatan perencanaan:
1.       Mendefinisikan misi korporat
2.       Menentukan unit-unit bisnis strategis (SBU = strategic business units)
3.       Menugaskan sumber daya pada setiap SBU
4.       Menilai peluang pertumbuhan 

-  Pernyataan misi (mission statement)
yaitu: pernyataan tujuan organisasi, apa yang ingin dicapai oleh organisasi dalam lingkungan yang lebih besar.
Pernyataan misi yang jelas dan masuk akal memberi karyawan pengertian yang sama mengenai tujuan, arah dan peluang.
 
Mempunyai 5 (lima) krakteristik utama:
1.       Memfokuskan diri pada jumlah tujuan yang terbatas.
2.       Menekankan kebijakan dan nilai utama perusahaan.
3. Mendefinisikan bidang kompetitif utama tempat perusahaan akan beroperasi:
       Industri
       Produk dan aplikasi
       Kompetensi
       Segmen pasar
       Vertikal
       Geografis
4. Mengambil pandangan jangka panjang
5. Pernyataan misi yang baik adalah yang pendek, mudah diingat dan mempunyai arti.

       Peluang pertumbuhan:
1.       Peluang /pertumbuhan intensif : Mengidentifikasi peluang untuk mencapai pertumbuhan lebih lanjut dalam bisnis saat ini.
2.       Peluang /pertumbuhan integratif:
        Mengidentifikasi peluang untuk membangun atau mengakuisisi bisnis yang berhubungan dengan bisnis lama.
3.       Peluang diversifikasi:
Mengidentifikasi peluang untuk menambah bisnis menarik yang tidak berhubungan dengan bisnis lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar