Selasa, 06 November 2012

Manajemen Sumber Daya Manusia


Manajemen adalah Ilmu dan Seni untuk Mengatur Pemanfaatan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Lainnya secara Efektif dan Efisien untuk Mencapai Tujuan.

SDM adalah Kemampuan yang dimiliki oleh Insani/Individu.

MSDM adalah Ilmu dan Seni yang Mengatur hubungan dan peranan Tenaga Kerja secara Efektif dan Efisien untuk tercapainya seuatu tujuan-tujuan

Tujuan MSDM :
1. Untuk Perusahaan adalah Agar perusahaan mendapatkan laba/keuntungan sesuai suku bunga.
2. Untuk Karyawan adalah untuk mensejahterakan karyawan dan memberikan konvensasi kepada karyawan yang berprestasi bisa berupa rekreasi untuk penyegaran/menghilangkan kejenuhan, kendaraan dinas, dan uang kesejahteraan.
3. Untuk Masyarakatan adalah masyarakat merasa kebutuhannya tercukupi dan harganya terjangkau.
4. Untuk Pemerintah adalah Pemerintah mendapatkan pajakdari suatu perusahaan.

Komponen-komponen MSDM :
1. Pengusaha adalah Orang yang menginvestasikan modalnya untuk memperoleh pendapatan dan besarnya pendapatan itu tidak menentu/tergantung pada laba yang dicapai oleh perusahaan tersebut.
2. Karyawan adalah Penjual jasa baik baik berupa pikiran maupun tenaganya dan besarnya ditetapkan terlebih dahulu.
a. Karyawan Operasional adalah Setiap orang yang menerk=jakan langsung pekerjaannya dan pekerjaan tersebut sesuai dengan perintah atasannya.
b. Karyawan Manajerial adalah Setiap orang yang berhak memerintah bawahannya untuk mengerjakan segagian pekerjaannya dan dikerjakan sesuai perintah.
3. Pimpinan/Manajer adalah seseorang yang mempergunakan wewenang dan kepemimpinannya untuk mengarahkan orang lain serta bertanggungjawab kepada orang tersebut dalam mencapai suatu tujuan.

Pepapatah” Tujuan Gool (Jalizzadhuhu Dhaha)
The People who are ready willing and able to Contribute to organization gool”

Fungssi-Fungsi MSDM :
1. Perencanaan (Planning) adalah merencanakan tenaga kerja secara efektif dan efisien sesuai kebutuhan perusahaan dalam membantu terwujudnya tujuan.
2. Pengorganisasian (Organization) adalah kegiatan mengorganisasi semua karyawan dengan menetapkan pembagian kerja/hubungan kerja, delegasi, wewenang, integrasi dan koordinasi dalam bagan organisasi.
3. Pengarahan (Directing) adalah kegiatan mengarahkan semua karyawan mau bekerja sema dan bekerja secara efektif serta efisien dalam membantu tercapainya tujuan perusahaan, karyawan, masyarakat dan pemerintah.
4. Pengendalian (Controlling) adalah kegiatan mengendalikan karyawan agar mentaati semua peraturan perusahaan dan bekerja sesuai dengan rencana dan apabila terjadi penyimpangan atau kesalahan akan diadakan perbaikan atau penyempurnaan.
5. Pengadaan (Procurement) adalah proses penarikan seleksi dan menempati orientasi untuk menempatkan karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pengadaan yang baik akan membantu terwujudnya tujuan perusahaan.
6. Pengembangan (Development) adalah proses peningkatan keterampilan pekerja, teoritis dan konseptual dan moral karyawan melalui diklat sesuai dengan kebutuhan pekerja masa kini maupun masa depan.
7. Kompensasi (Compensation) adalah pemberian balas jasa secara langsung (Direct) dan tidak langsung (Indirect) uang mapun barang kepada karyawan sebagai imbalan jasa diberikan kepada karyawan perusahaan.
8. Pengintegrasian (Integration) adalah kegiatan untuk mempersatukan kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan agar tercipta kerjasama yang serasi dan saling menguntungkan.
9. Pemeliharaan (Maintenance) adalah kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kondisi fisik, mental dan royalitas karyawan agar mereka mau bekerjasama sampai mereka pensiun.
10. Kedisiplinan adalah Keinginan dan kesadaran untuk mentaati peraturan-peraturan perusahaan dan norma-norma sosial.
11. Pemberhentian (Separation) adalah putusnya hubungan kerja seseorang dari suatu perusahaan karena perusahaan pailit, karyawan yang berolah dan pension.

Perbedaan Karyawan Operasional Operasional dengan karyawan manajerial dalam komponen MSDM?
Kalau Karyawan Operasional adalah Karyawan yang memperkerjakan langsung pekerjaannya sesuai dengan perintah atasannya sedangkan Karyawan Manajerial adalah seseorang yang mengatur pekerjaannya kepada orang lain dan menyerahkan sebagian tanggungjawabnya kepada orang lain atau bawahannya sesuai dengan peraturan perusahaan/organisasi.

Perbedaan stakeholder dengan Manajemen?
Kalau stake holder adalah orang atau seseorang yang memangku suatu jabatan dan mempunyai wewenang/kekuasaan pada suatu perusahaan sedangkan Manajemen adalah ilmu dan seni cara mengatur SDM dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk tercapainya suatu tujuan-tujuan perusahaan.

Stakeholder: merupakan individu, sekelompok manusia, komunitas atau masyarakat baik secara keseluruhan maupun secara parsial yang memiliki hubungan serta kepentingan terhadap perusahaan.

Individu, kelompok, maupun komunitas dan masyarakat dapat dikatakan sebagai stakeholder jika memiliki karakteristik seperti yang diungkapkan oleh Budimanta dkk, 2008 yaitu mempunyai:
- kekuasaan,
- legitimasi,
- kepentingan terhadap perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar