Manajemen adalah Ilmu dan
Seni untuk Mengatur Pemanfaatan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Lainnya
secara Efektif dan Efisien untuk Mencapai Tujuan.
SDM adalah Kemampuan
yang dimiliki oleh Insani/Individu.
MSDM adalah Ilmu dan
Seni yang Mengatur hubungan dan peranan Tenaga Kerja secara Efektif dan Efisien
untuk tercapainya seuatu tujuan-tujuan
Tujuan MSDM :
1. Untuk
Perusahaan adalah Agar perusahaan mendapatkan laba/keuntungan sesuai suku
bunga.
2. Untuk
Karyawan adalah untuk mensejahterakan karyawan dan memberikan konvensasi kepada
karyawan yang berprestasi bisa berupa rekreasi untuk penyegaran/menghilangkan
kejenuhan, kendaraan dinas, dan uang kesejahteraan.
3. Untuk
Masyarakatan adalah masyarakat merasa kebutuhannya tercukupi dan harganya
terjangkau.
4. Untuk
Pemerintah adalah Pemerintah mendapatkan pajakdari suatu perusahaan.
Komponen-komponen MSDM :
1. Pengusaha adalah Orang yang menginvestasikan modalnya
untuk memperoleh pendapatan dan besarnya pendapatan itu tidak menentu/tergantung
pada laba yang dicapai oleh perusahaan tersebut.
2. Karyawan adalah Penjual jasa baik baik berupa pikiran maupun tenaganya dan
besarnya ditetapkan terlebih dahulu.
a. Karyawan Operasional adalah Setiap
orang yang menerk=jakan langsung pekerjaannya dan pekerjaan tersebut sesuai
dengan perintah atasannya.
b. Karyawan Manajerial adalah Setiap orang yang berhak memerintah bawahannya
untuk mengerjakan segagian pekerjaannya dan dikerjakan sesuai perintah.
3. Pimpinan/Manajer adalah seseorang yang mempergunakan wewenang dan
kepemimpinannya untuk mengarahkan orang lain serta bertanggungjawab kepada orang
tersebut dalam mencapai suatu tujuan.
Pepapatah” Tujuan Gool
(Jalizzadhuhu Dhaha)
The People who are ready
willing and able to Contribute to organization gool”
Fungssi-Fungsi MSDM :
1. Perencanaan (Planning) adalah merencanakan tenaga kerja secara efektif dan
efisien sesuai kebutuhan perusahaan dalam membantu terwujudnya tujuan.
2. Pengorganisasian (Organization) adalah kegiatan mengorganisasi
semua karyawan dengan menetapkan pembagian kerja/hubungan kerja, delegasi,
wewenang, integrasi dan koordinasi dalam bagan organisasi.
3. Pengarahan (Directing) adalah kegiatan mengarahkan semua karyawan mau
bekerja sema dan bekerja secara efektif serta efisien dalam membantu
tercapainya tujuan perusahaan, karyawan, masyarakat dan pemerintah.
4. Pengendalian (Controlling) adalah kegiatan mengendalikan karyawan agar
mentaati semua peraturan perusahaan dan bekerja sesuai dengan rencana dan
apabila terjadi penyimpangan atau kesalahan akan diadakan perbaikan atau
penyempurnaan.
5. Pengadaan (Procurement) adalah proses penarikan seleksi dan menempati
orientasi untuk menempatkan karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Pengadaan yang baik akan membantu terwujudnya tujuan perusahaan.
6. Pengembangan (Development) adalah proses peningkatan keterampilan pekerja,
teoritis dan konseptual dan moral karyawan melalui diklat sesuai dengan
kebutuhan pekerja masa kini maupun masa depan.
7. Kompensasi (Compensation) adalah pemberian balas jasa secara langsung
(Direct) dan tidak langsung (Indirect) uang mapun barang kepada karyawan
sebagai imbalan jasa diberikan kepada karyawan perusahaan.
8. Pengintegrasian (Integration) adalah kegiatan untuk
mempersatukan kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan agar tercipta
kerjasama yang serasi dan saling menguntungkan.
9. Pemeliharaan (Maintenance) adalah kegiatan untuk memelihara dan
meningkatkan kondisi fisik, mental dan royalitas karyawan agar mereka mau
bekerjasama sampai mereka pensiun.
10. Kedisiplinan adalah Keinginan dan kesadaran untuk mentaati
peraturan-peraturan perusahaan dan norma-norma sosial.
11. Pemberhentian (Separation) adalah putusnya hubungan kerja seseorang dari
suatu perusahaan karena perusahaan pailit, karyawan yang berolah dan pension.
Perbedaan Karyawan
Operasional Operasional dengan karyawan manajerial dalam komponen MSDM?
Kalau Karyawan Operasional
adalah Karyawan yang memperkerjakan langsung pekerjaannya sesuai dengan
perintah atasannya sedangkan Karyawan Manajerial adalah seseorang yang mengatur
pekerjaannya kepada orang lain dan menyerahkan sebagian tanggungjawabnya kepada
orang lain atau bawahannya sesuai dengan peraturan perusahaan/organisasi.
Perbedaan stakeholder dengan
Manajemen?
Kalau stake holder
adalah orang atau seseorang yang memangku suatu jabatan dan mempunyai
wewenang/kekuasaan pada suatu perusahaan sedangkan Manajemen adalah ilmu dan
seni cara mengatur SDM dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk
tercapainya suatu tujuan-tujuan perusahaan.
Stakeholder: merupakan individu,
sekelompok manusia, komunitas atau masyarakat baik secara keseluruhan maupun secara parsial yang
memiliki hubungan serta kepentingan terhadap perusahaan.
Individu, kelompok,
maupun komunitas dan masyarakat dapat dikatakan sebagai stakeholder jika memiliki karakteristik seperti yang
diungkapkan oleh Budimanta dkk, 2008 yaitu mempunyai:
- kekuasaan,
- legitimasi,
- kepentingan terhadap perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar